Kamis, 11 Mei 2017

HATI-HATI, INFEKSI Kelenjar Getah Bening BERBAHAYA

HATI-HATI, INFEKSI Kelenjar Getah Bening BERBAHAYA

kelenjar getah bening ialah bagian dari sistim limfatik, komponen dari sistim kekebalan body. pembesaran kelenjar getah bening dpt menandakan inpeksi.

ada sejumlah kelompok kelenjar getah bening, yg kecil, beribuentuk kacang, nodul lunak jaringan. yg paling kerap diperibuesar maupun bengkak ditewajahn di leher (rantai kelenjar getah bening terletak di bagian depan leher, sisi leher, dan bagian belakang leher di belakang kuping), di bawah dagu, di ketek, dan di selangkangan. ada jg kelompok besar kelenjar getah bening di dada dan perut, yg kadang-kadang ditewajahn diperibuesar pd cahaya-x maupun ct scan.

tonjolan yg anda rasakan di leher maupun di bawah rahang anda saat anda mempunyai dingin maupun sakitt tenggorokan disebut kelenjar getah bening. kelenjar getah bening ialah bagian dari sistim kekebalan body. mereka mendukung utk menghancurkan kuman inpeksi, serupa virus (misalnya, umum virus dingin) dan bactery (misalnya, strep). kelenjar getah bening menjadikan antibodi yg akan mendukung memelihara anda dari yg terinpeksi kuman tertentu di masa depan.

kelenjar getah bening yg terletak di wilayah samping genggama dan wilayah leher. mereka dpt ditewajahn di ketek, selangkangan, di atas siku, dan jauh di dlm dada dan perut (belly). fungsi mereka ialah sama terhindar dari lokasi mereka.

sejumlah mekanisme dpt mengakibatkan kelenjar getah bening utk memperibuesar (meradang).

  • inpeksi (lymphadenitis): ini dpt menambah jumlah sel darah putih, yg meningkat biak dlm menanggapi rangsangan dgn senyawa ganjil (antigen). pembesaran kelenjar getah bening di bawah lengan (ketek) dpt berlangsung sebab inpeksi maupun cidera pd lengan maupun tangan. sejumlah inpeksi ( mononukleosis maupun “mono,” hiv, dan inpeksi jamur maupun parasit) dpt mengakibatkan pembesaran umum dari kelenjar getah bening di semua body
  • virus: retindakan kekebalan utk inpeksi umum dlm body serupa inpeksi virus yg dpt berlangsung dgn flu biasa serta inpeksi yg lebih serius serupa hiv.
  • pembesaran: infiltrasi dgn sel inflamasi selama inpeksi maupun pembesaran di wilayah kelenjar getah bening yg dikasihkan. sejumlah masalah kekebalan body, serupa lupus maupun rheumatoid radang sendi , jg dpt mengakibatkan umum kelenjar getah bening bengkak
  • kangker: infiltrasi dgn sel ganas (metastasis) dibawa ke node dgn getah bening mengalir dari wilayah tipe kangker tertentu. dlm peristiwa yg jarang berlangsung, kangker payudara maupun limfoma dpt mengakibatkan pembesaran kelenjar getah bening di ketek. jarang, seseorng mungkin mempunyai node maupun sekelompok node yg tumbuh pesat dan menjadi keras dan tdk dpt dgn gampang dipindahkan sekitar di bawah kulit. ini mungkin mengisyaratkan tumor.
  • kangker darah: tdk tercontrol, perkalian ganas limfosit serupa pd limfoma maupun leukemia.

apa yg mengakibatkan pembesaran kelenjar getah bening?

saat kelenjar getah bening yg aktif dlm menummemadai inpeksi, mereka mungkin menjadi bengkak dan sakitt. biasanya, rasa sakitt ringan, dan kelenjar getah bening tdk memperoleh jauh lebih besar dari 2 cm ( sedikt di bawah 1 inci) dlm size.

sementara kelenjar getah bening ialah pencetus paling umum dari tonjolan maupun tonjolan di leher, ada yg lain, bnyk pencetus kurng umum, misalnya, kista dari keganjilan pertumbuhan bakal bayi maupun pembesaran kelenjar tiroid. biasanya, kita dpt membedakan pd pengecekan pisik.

kerap, kanak-kanak sudah pembesaran kelenjar getah bening. sistim kekebalan body anak terus-menerus tersentuh kuman yg tdk sempat kelihatan sebelomnya, dan kelenjar getah bening bisa meradang di beretindakan terhadap orng-kuman. sebaliknya, sistim kekebalan body orng dewasa sudah memandang separuh besar kuman umum, dan sudah mengembangkan kekebalan terhadap mereka.

oleh sebab itu, kelenjar getah bening tdk perlu bekinerja keras, dan mereka jauh lebih mungkin utk menjadi bengkak. bahkan, sebuah penyelidikan yg diteribuitkan pd thn 1975 mengisyaratkan kalau 100persen dari kanak-kanak yg berada di bawah usia 12 thn mempunyai kelenjar getah bening yg bisa dialami di leher.

komplikasi inpeksi kelenjar getah bening

kelenjar getah bening itu sendiri dpt terinpeksi (disebut limfadenitis), yg bisa amat nyelekit, dan berkaitan dgn kemerahan dan pembesaran. biasanya, itu memperlukan antibotic utk penyembuhan. jarang, kelenjar getah bening mungkin mempunyai saku nanah di dlmnya (yakni, abses) yg memperlukan pembedahan utk mengeringkannya.

sebuah kelenjar getah bening yg membengkak yg dialami tepat di atas tulang selangka tdk biasa dan jarang berkaitan dgn inpeksi. jika itu berlangsung, anda perlu mengabari saya, sebab dpt menjadi ciri keadaan yg lebih serius. misalnya, pd remaja, kelenjar bengkak merasa tepat di atas tulang selangka bisa menjadi ciri pertama dari penyakit hodgkin, tipe kangker yg berlangsung pd kelenjar getah bening.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar